14 Topeng dalam Budaya Jepang

0
37
Otafuku & Hyottoko - Shutterstock
Otafuku & Hyottoko - Shutterstock

Topeng salah satu benda yang sering digunakan dalam budaya Jepang tradisional dan juga seni. Selain itu topeng juga digunakan pada aktivitas sehari-hari dengan alasan privasi atau untuk keperluan medis. Berikut ini adalah topeng-topeng Jepang yang tercatat pada sejarah.

1. Topeng Samurai

Samurai pada saat pertempuran memakai topeng yang disebut Mempo. Topeng itu digunakan untuk melindungi wajah dan memberikan teror untuk musuh. Topeng ini didesain oleh seniman agar sesuai dengan personalitas dan preferensi setiap samurai.

Topeng Samurai
Topeng Samurai

2. Topeng Kendo

Topeng Kendo
Topeng Kendo

Kendo secara literal berarti “jalan pedang”, adalah seni martial Jepang yang menggunakan yang bertarung dengan pedang bambu dan pelindung badan (armor). Topeng adalah komponen pelindung badan ini yang disebut dengan “Men” dipasang dari bagian wajah, ke tenggorokan dan bahu dari armor tersebut.

3. Topeng Festival

Topeng Festival
Topeng Festival

Topeng festival adalah topeng yang dapat ditemukan di tempat-tempat sebuah festival diadakan. Topeng ini terbuat dari bahan plastik yang murah namun topeng ini dijual dengan harga mahal dengan bentuk kartun populer dan juga makhluk mitos. Topeng-topeng tersebut dapat dengan mudah ditemukan di tempat festival. Topeng ini hanya cocok untuk anak-anak karena ukurannya yang kecil.

4. Hyottoko

Hyottoko
Hyottoko

Hyottoko adalah makhluk spiritual yang digambarkan dalam bentuk topeng. Cerita mengenai Hyottoko berbeda pada setiap daerah. Sebagai contoh, Hyottoko ada yang digambarkan sebagai karakter dengan wajah lucu yang dapat memberikan keberuntungan. Di semua variasi mitos, Hyottoko digambarkan sebagai pembawa keberuntungan dengan wajah lucu.

5. Okame

Topeng Okame
Topeng Okame

Okame adalah versi perempuan dari Hyottoko, keduanya memiliki wajah yang lucu dan sering terlihat bersama sebagai pasangan. Okame umumnya dianggap sebagai dewi yang menyebarkan keberuntungan. Sudah umum pada perayaan di sebuah kuil banyak ditampilkan topeng-topeng Okame yang berukuran besar.

6. Oni

Topeng Oni
Topeng Oni

Oni adalah setan versi Jepang yang memiliki wajah yang menyeramkan. Topeng Oni beraneka-ragam mulai dari versi komik sampai yang benar-benar menakutkan. Pada liburan perayaan Setsubun, ada festival Jepang ketika orang tua memakai topeng Oni untuk menakuti anak-anak, dan kemudian anak-anak melemparkan kacang untuk mengusir oni tersebut.

7. Hannya

Topeng Hannya
Topeng Hannya

Hannya adalah iblis wanita yang seperti Oni namun memiliki tanduk. Topeng Hannya digunakan pada teater Noh. Hannya biasanya digambarkan sangat menakutkan dan bersifat cemburu.

8. Topeng Noh

Topeng Noh
Topeng Noh

Noh adalah seni drama musikal tradisional Jepang. Semua peran dalam drama tersebut diperankan oleh kaum pria. Karakter perempuan dan orang tua diperankan dengan menggunakan topeng. Tetapi pada zaman sekarang, kaum wanita juga berpartisipasi dalam teater Noh tapi topeng tradisional tetap masih digunakan untuk karakter wanita. Topeng Noh bersifat kompleks. Topeng-topeng Noh mengekspresikan beberapa ekspresi wajah berdasarkan dari sudut mana topeng Noh dilihat oleh penonton. Topeng Noh dapat memperlihatkan wajah yang benar-benar berbeda ketika dilihat pada sudut pandang yang lain.

9. Topeng Ultraman

Topeng Ultraman
Topeng Ultraman

Pada tahun 1970-an, pertelevisian Jepang mempunyai program film pahlawan bertopeng dengan karakter seperti Ultraman dan Kamen Rider yang sudah sangat tidak terdengar asing di telinga kita pada saat ini.

10. Animegao / Kigurumi

Topeng Kigurumi
Topeng Kigurumi

Animegao atau Kigurumi secara literal berarti “wajah komik” adalah topeng yang didesain agar mirip seperti anime dan karakter dalam manga. Topeng kigurumi sangat populer di kalangan cosplayer.

11. Visual Key

Topeng Visual Key
Topeng Visual Key

Visual Key adalah genre musik Jepang yang menampilkan seorang anak punk dan mempesona.

12. Topeng Kappa

Topeng Kappa
Topeng Kappa

Kappa adalah monster penghuni sungai di Jepang yang menyerang orang yang berenang di sungai dan suka menantang manusia untuk bertanding sumo. Kappa umumnya jelek, tetapi memereka bisa memegang janji mereka. Topeng Kappa sangat jarang terlihat, biasanya hanya digambarkan sebagai patung.

13. Topeng Kitsune

Topeng Kitsune
Topeng Kitsune

Kitsune adalah bahasa Jepang untuk rubah atau serigala. Menurut tradisi Jepang, rubah dianggap sebagai pembawa pesan dari dewi Inari. Dalam mitologi Jepang, dewa-dewa dapat muncul sebagai rubah. Di kisah yang lain, serigala dapat muncul sebagai wanita yang cantik untuk menipu manusia. Topeng Kitsune sangat penting peranannya pada berbagai macam festival yang merayakan mitos tersebut.

14. Topeng Tengu

Topeng Tengu
Topeng Tengu

Tengu adalah makhluk mitologi Jepang yang menurut sejarahnya dianggap sebagai iblis pembuat masalah yang membawa kesialan. Pandangan ini semakin melemah seiring waktu dan Tengu sekarang dianggap sebagai pelindung hutan keramat dan gunung. Tengu awalnya digambarkan sebagai binatang yang menyerupai burung tetapi seiring berjalannya waktu Tengu digambarkan seperti manusia dengan hidung yang besar. Topeng Tengu digunakan pada berbagai festival dan merupakan ornamen yang sangat populer untuk mendekorasi kuil dan tempat bisnis seperti restoran dan rumah makan.

Demikian 14 topeng yang sering digunakan pada festival-festival di Jepang, jika anda menyukai artikel ini, silakan membagikannya kepada teman-teman anda.

Source: www.japan-talk.com

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Tulis nama anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.