6 Cara Belajar Efektif untuk Bahasa Jepang

1

Belajar Efektif, bagaimana caranya? Sebagian besar masih bingung untuk menemukan cara belajar yang efektif terutama untuk cara belajar bahasa Jepang secara efektif, mungkin masih ada yg kesulitan menghafalkan kanji, kosakata, dll. Nah kali ini saya akan membagikan tips-tips cara belajar bahasa yang baik dan efektif. Sebenarnya tips ini bisa diterapkan untuk bahasa lainnya seperti bahasa Inggris. Agar anda bisa belajar bahasa Jepang secara efektif, anda bisa lakukan tips-tips berikut.

1. Menghafalkan kosakata sampai benar-benar hafal.

Cukup hafalkan 50 kosakata per minggu, dan latih juga cara pengucapannya yang benar. Setelah itu, kamu juga harus berlatih menggunakan kosakata itu dalam suatu kalimat atau membentuknya menjadi sebuah kalimat. Dalam hal ini kamu bisa latihan menggunakan buku みんなの日本語書いて覚える

2. Selalu berlatih membuat kalimat.

Jika kamu belajar menggunakan buku Sakura atau Minna no Nihongo, kamu akan menemukan banyak sekali pola kalimat dalam bahasa Jepang, kamu bisa berlatih membuat dengan konteks berbeda dan mengembangkan kalimat tersebut menggunakan pola yang sama.

3. Melatih kemampuan berbicara.

Setelah menguasai pola kalimat, lakukan lah latihan percakapan, ajak teman dekatmu agar mau membantu kamu berlatih berbicara.

4. Dengarkanlah native speaker berulang kali.

Untuk Buku Bahasa Jepang Sakura dari The Japan Foundation dan Minna no Nihongo dari 3A Network sudah ada disertakan audio cd dari native speaker nya (dijual terpisah), kamu bisa latihan mendengarkan pelafalan kosakata, aksen kalimat berulang kali sampai benar-benar terbiasa melalui audio tersebut. Apabila di sekitar tempat tinggal kamu ada orang Jepang, akan lebih baik kamu mendengarkan secara langsung orang Jepang itu berbicara.

5. Ulangi setiap pelajaran yang kamu rasa belum paham.

Apabila kamu merasa ada pelajaran yang belum kamu kuasai, ulangilah pelajaran tersebut sampai benar-benar paham. Apabila kamu menemui masalah, jangan ragu untuk menanyakannya pada guru mu.

6. Asah kemampuan speaking mu.

Berbicara lah bersama teman-teman dengan menggunakan bahasa Jepang, jangan takut malu dan takut dibilang wibuu, otaku, atau apa. Orang yang mengatakan gitu karena mereka tidak tahu profesi dan pendidikan kita apa, makanya kita dibilang sok Jepang-jepang. Yang penting kamu harus tetap percaya diri, dan berkumpul di komunitas sesama penyuka Jepang akan perlahan-lahan mengasah kemampuan bahasa Jepang mu.

Facebook Comments

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.