Anki Startup Guide, Panduan Pemula Untuk Menghafal Bahasa Jepang

0
2038

Seperti yang sudah admin post pada artikel Cara Menghafal Kosakata & Kanji Bahasa Jepang dengan Aplikasi AnkiDroid, kali ini japandaisuki.com akan memberikan panduan tahap awal untuk belajar bahasa Jepang. Sebagai tahap awal dalam belajar bahasa Jepang, pastikan kalian terlebih dahulu sudah mempelajari huruf hiragana dan katakana, karena kedua jenis huruf tersebut merupakan dasar untuk belajar bahasa Jepang sampai ke tingkat lanjut. Pada postingan kali ini, akan membahas tentang strategi belajar bahasa Jepang, dari tingkat pemula sampai mahir. Jika kalian sudah hafal hiragana dan katakana, maka selanjutnya kalian bisa belajar bahasa Jepang ke tingkat yang agak tinggi, seperti tata bahasa dan kanji. Sebelum belajar tatabahasa, mendengarkan, berbicara dan membaca, sebaiknya kalian belajar huruf kanji terlebih dahulu agar lebih mudah dalam mempelajari bahasa Jepang.

Prioritas Belajar Bahasa Jepang

  1. Mempelajari huruf hiragana & katakana
  2. Mempelajari huruf kanji
  3. Mereview huruf kanji
  4. Mempelajari kosakata bahasa Jepang
  5. Mereview kosakata bahasa Jepang
  6. Mempelajari tata bahasa, latihan berbicara, latihan membaca dan latihan mendengarkan.
  7. Ikut JLPT (ujian kemampuan bahasa Jepang)

Download Anki SRS

Silakan download software AnkiSRS terlebih dahulu (Windows, Mac, Linux, Android/iPhone). Download Anki: http://ankisrs.net

Japanese Kanji Anji Deck (Recommened)

Silakan download deck berikut ini

Recoomended use with book Remembering The Kanji Vol. 1

Japanese Vocabulary Anki Deck (Recommended)

Kedua deck di atas adalah rekomendasi personal dari Japandaisuki.com, deck kanji dari NihongoShark.com adalah kartu flashcard yang disusun berdasarkan buku Heisig’s Remembering The Kanji Vol. 1 dengan teknik menghafal mnemonic tentunya akan lebih efektif jika digabungkan dengan teknik spaced-repetition dengan menggunakan Anki. Untuk menggunakan kanji deck dari NihongoShark.com Kanji Deck, disarankan kamu membaca dahulu buku Heisig’s Remembering the Kanji. Deck selanjutnya yang kami sarankan adalah Japanese Core 2K/6K Vocabularies, deck ini dibuat berdasarkan materi dari iKnow yang mengajarkan 2000 sampai 6000 kosakata inti (core) bahasa Jepang. Dengan menghafalkan keseluruh 6000 kosakata inti ini, harapannya sudah mampu lulus JLPT N2. Deck vocabulary ini berisi kartu flashcard yang dapat di-customize (memerlukan sedikit pengetahuan HTML) sesuai yang diinginkan. Kartu kosakata ini berisi kosakata bahasa Jepang dalam huruf kanji dan cara baca furigana, audio yang diucapkan oleh native sepaker Japanese, terjemahan bahasa Inggris, dan gambar ilustrasi. Setiap kartu dapat diedit, misalnya kamu ingin menambahkan terjemahan bahasa Indonesianya.

Deck-deck Anki yang berhubungan dengan bahasa Jepang lainnya dapat kamu download di https://ankiweb.net/shared/decks/japanese

How to Import Anki Deck to Anki (PC)

Pertama, buka software Anki yang ada di komputer kalian. Klik File > Import. Atau bisa menekan shortcut CTRL+IKemudian pilih deck yang akan diimport.

 

Selain dengan cara di atas, kamu juga dapat menambahkan langsung deck ke dalam Anki dengan cara langsung dobel klik file deck yang ingin diimpor ke Anki pada Windows Explorer (File Explorer)

Japanese Core 2K/6K Vocabularies – How to Add Media Files

Pada deck Japanese Core 2K/6K di atas belum memiliki gambar ilustrasinya dalam kartu flashcard nya. Bagi sebagian besar orang, gambar ilustasi tidak terlalu diperlukan karena sudah ada contoh kalimat yang menggunakan kosakata tersebut. Namun jika kamu ingin menambahkan gambar ke dalam kartu flashcard dari deck ini, berikut caranya.

Download file media gambar khusus Japanese Core 2K/6K Vocabularies melalui link di bawah.

http://www.mediafire.com/download/nrvpcx9a766nh1t/core2k-image.munged.rar

Setelah file media didownload, ekstrak ke dalam folder collection.media
C:\Users\____\AppData\Roaming\Anki2\_____\collection.media

Untuk menambahkan media gambar ke dalam kartu, klik Browse > Core 2K/6K Optimized > Cards… Tambahkan {{Sentence-Image}} ke dalam template kartu bagian belakang.

Atau langsung tambahkan baris kode html berikut ke template kartu bagian belakang

<div style=’font-family: Arial; font-size: 20px;’>{{Sentence-Image}}</div>

Kemudian klik Close.

AnkiDroid Tutorial (updated soon)

Demikianlah panduan menghafal bahasa Jepang untuk pemula menggunakan Anki dengan teknik mnemonic dan spaced-repetition. Jangan ragu untuk bertanya melalui kolom komentar yang sudah disediakan. Selamat belajar, ganbatte kudasai.

Facebook Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.