Apa itu Japanese IME?? Japanese IME (Input Method) adalah sebuah metode penulisan huruf-huruf Jepang di laptop atau komputer yang keyboardnya tidak menggunakan keyboard Jepang. Kalau anda membeli laptop atau kampoter di luar Jepang sudah pasti anda tidak akan mendapatkan keyboard dengan layout hiragana, karena layout tersebut hanya khusus di jual di Jepang, kecuali memesan lewat online shop.

Nah, dari pada kita susah-suah memesan melalui online shop, kita bisa memanfaatkan keyboard yang ada untuk menulis huruf Jepang.

Ini adalah layout keyboard hiragana pada umumnya.

item_XL_6984188_4814716Nah, untuk mulai menulis huruf Jepang menggunakan keyboard standar, anda perlu mengaktifkan IME terlebih dahulu. Bisa dilihat pada artikel selanjutnya.

Nah, kali ini Japandaisuki.com akan membagikan tips-tips dan fungsi rahasia Japanese IME yang mungkin belum anda ketahui. Langsung saja ke bagian pertama.

Tip 1: IME mode on/off

Keyboard Inggris: ALT + Tilde (~). Tilde biasanya berada pada sudut kiri atas keyboard, di bawah tombol escape.

Keyboard Jepang: 半角/全角/漢字 berada di bagian kiri atas di bawah tombol Esc. Tidak perlu menekan tombol ALT.

IME Mode OFF apabila anda ingin mengetik karakter latin, dan IME ON apa yang anda ketik akan langsung di konversikan ke kanji/hiragana

Tip 2: Konversi Ulang

Konversi Ulang (再変換 – saihenkan)

Ketika anda menulis tulisan Jepang, dan ternyata tiba-tiba salah memasukan kanji, misalnya secara tiba-tiba anda memasukan kanji 慎重 padahal seharusnya adalah 身長  (arti kanji berbeda, namun cara bacanya sama “shinchou”) anda bisa memperbaikinya tanpa harus mengetik ulang hiragananya. Caranya dengan mengonversi ulang ke bentuk hiragana.

Caranya, pilih kata yang hendak diubah, klik kanan, dan pilih Reconversion.reconvertDi komputer Jepang, pilihan ini tidak muncul. Anda harus menekan tombol  変換 yang terdapat di sebelah kanan Space.

Catatan:

Rekonversi tidak tersedia di setiap pengaturan dan setiap aplikasi, jika IME tidak muncul, misalnya di Browser, cobalah menyalin teksnya terlebih dahulu ke Word Processor.

Konversi ulang juga berguna untuk mencari cara baca dari suatu kanji. Cukup copy dan paste huruf kanji di aplikasi misalnya Microsoft Word lalu lakukan seperti pada gambar di atas.

Tip 3: Menggunakan Karakter Spesial

Dengan IME, anda bisa membuat karakter spesial seperti panah, bintangm hati, bentuk, dll. Caranya cukup mudah, anda perlu mengetahui keyword dari karakter tersebut dan IME akan mengkonversikannya ke simbol khusus.

Keyword Romaji Meaning Symbols
記号 kigou symbol ёゝ★℃【】㍉№¶㈱♪≒♂√㎡㍻£Ⅷ (and many more…)
数字 suuji number ①②③⑳ⅳⅧ
hoshi star ★☆※*⁂✮✰☄✱❈✪
矢印 yajirushi arrow mark ↑↓←→⇔⇒↪➱➷➤☞☈↻➔
四角 shikaku square ■□◆◇◩❖❐☑▩
三角 sankaku triangle ▼▲△▽∵∴▹▿◥◂
maru circle 〇○●◎。①⑳㊤㊧゜☮☯◔❍◉
ten dot ∵∴ ・ ‥ … ¨゛゜
音楽 ongaku music ♪♭♯♬♩♮♫
mesu female
osu male
郵便 yuubin mail 〒〠〶
括弧 kakko brackets ()<>『』【】“”〝〟{}
kao face ☺ ☹ ☻
te hand ☜☛✍✌☝☟
星座 seiza astrological sign ♉♎♐♑♋♍♏♈♌♓♒♊
チェス chesu chess ♘♙♕♞♛♝
トランプ toranpu playing cards ♡♥♤♠♧♣♦♢
天気 tenki weather ☁☀☃☂☼

Tip 4: Menggunakan Lebih Banyak Karakter Khusus

Ada lebih banyak lagi karakter khusus, anda dapat menemukannya seperti gambar di bawah ini.extrasymbolsTip 5: Karakter Hiragana dan Katakana Mini.

Caranya cukup mudah, cukup tambahkan ‘L’ di depan huruf yang mau dikecilkan. Misalnya u kecil. U normalnya adalah う dan u kecilnya adalah ぅ.

Tip 6: Zu dan Zu, Ji dan Ji

Dalam romanisasi Hepburn, hiragana/katakana ず dan づ dan ズ dan ヅ cara bacanya adalah ‘zu’. Ketika anda ingin mengetik 続く (tsuzuku) menggunakan IME, mengetikkan t s u z u k u tidak akan bisa. Kenapa? Karena pada IME, zu tetaplah ず. Padahal karakter yang benar di sini adalah . Anda harus mengetikan “du” untuk membuat karakter tersebut.

diduTip 7: Karakter Tsu, Chi, dan Shi

Karakter ini dapat diketikan Tu, Ti, dan Si pada keyboard IME anda.

Tip 8: Memaksa Huruf N

Katakan saja anda ingin menulis 勧誘 romajinya adalah kan’yuu. Ada huruf N di tengahnya. Ini menunjukkan bahwa gabungan kanji ini dibaca かん+ゆう dan bukan かにゅう. Jadi untuk memunculkan karakter N, tekanlah huruf ‘N’ dua kali di keyboard anda.

jadi untuk mengetik 勧誘 maka yang harus anda tekan pada keyboard adalah k a n n y u u

Tip 9: Menambah kata ke dalam kamus IME

Anda bisa menambahkan kata baru ke dalam kamus, seperti nama orang, nama oraganisasi, dll. Caranya:

newword1. Cara baca dari kosakata tersebut (dalam huruf hiragana)

2. Kanji yang ingin ditampilkan

3. Bagian dari (kata benda meshi, kata sifat keiyoushi, kata kerja doushi, dll)

4. Komentar (Opsional)

Tip 10: Memaksa Input Katakana

Ini berguna untuk menulis kata yang bukan kosakata asli Jepang, seperti nama orang asing, nama tempat, nama kota, istilah asing, dll.

Caranya: Tekan CTR: + Caps Lock untuk memulai mode katakan, dan tekan ALT + Caps Lock untuk kembali ke mode hiragana.

Pada keyboard Jepang, cukup menekan 無変換 sebagai toggle on/offnya.

Bagaimana? Ternyata ada beberapa fungsi yang menguntungkan kan menggunakan IME. Selamat mencoba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here