Akhir-akhir ini, sudah semakin banyak orang-orang yang mulai tertarik untuk mempelajari bahasa Jepang. Hal ini dikarenakan semakin banyaknya orang yang mengakses untuk mendownload anime dan musik-musik Jepang secara ilegal melalui internet, dan apalagi Jepang sudah semakin terbuka terhadap negara luar menjadi faktor utama dalam bertambahnya jumlah pelajar bahasa Jepang.

Sebagaian besar orang mempelajari Bahasa Jepang sebagai bahasa kedua setelah bahasa Inggris, bagaimanapun juga sebagai bahasa international, orang-orang tidak akan melupakan untuk mempelajari bahasa Inggris, namun bagi mereka, menguasai lebih dari 1 bahasa asing merupakan suatu keuntungan dan kelebihan tersendiri.

Untuk mencari tempat belajar bahasa Jepang yang mudah, murah, bahkan gratis sangatlah susah, apalagi untuk bisa bertemu langsung dengan orang Jepangnya. Seorang mahasiswa jurusan sastra Jepang pun mengaku bahwa ia lebih sering diajar oleh dosen orang Indonesia daripada pengajar asing/penutur asli Jepang. Tapi kalian jangan khawatir, Japan Daisuki senantiasa selalu memberikan pengajaran bahasa Jepang secara gratis pagi pengunjung setia.

Selain itu, saya juga akan memberikan tips-tips yang mungkin dapat anda lakukan untuk belajar bahasa Jepang tanpa harus kursus.

1. Langsung Pergi ke Jepang

Pilihan yang satu ini mungkin tidak semua kalangan dapat memenuhinya, apalagi bagi yang memiliki keterbatasan biaya. Namun jika anda mau berusaha, anda dapat mewujudkannya. Usaha yang anda lakukan seperti mencoba ikut program magang ke Jepang mungkin dapat membawa anda ke negeri Sakura ini. Setelah anda sudah berada di Jepang, anda bisa home stay selama beberaa tahun, anda dapat langsung menikmati kehidupan dan suasananya, anda bisa terus mendengarkan orang Jepang berbicara dan langsung melakukan praktik berbicara dengan orang Jepang.

Suasana kehidupan bisa secara langsung anda rasakan, anda bisa melihat langsung betapa semangatnya orang Jepang bekerja, mencicipi langsung makanan Jepang yang enak-enak, bahkan bisa bertemu gadis-gadis remaja cantik Jepang.

Sebelum menempuh cara ini, ada baiknya anda harus menguasai dasar-dasar berbicara dalam bahasa Jepang, dan informasi-informasi penting.

2. Belajar Bahasa Jepang secara otodidiak

Untuk tips pertama, sepertinya akan butuh proses yang sulit dan membutuhkan banyak uang agar bisa pergi ke Jepang, sebagai solusinya anda bisa belajar mandiri secara otodidak.

Kunci keberhasilan dari belajar Bahasa Jepang secara otodidak adalah anda harus lebih banyak berlatih mendengarkan bagaimana orang Jepang berbicara, penutur asli bahasa Jepang. Jika anda belajar dari membaca, menulis kanji, hiragana, dan katakana, maka anda akan gagal total. Melatih pendengaran sangat lah penting, setelah anda dapat menyimak bahasa Jepang dengan baik, barulah anda coba latihan untuk berbicara dalam bahasa Jeepang, untuk latihan berbicara sebaiknya anda lakukan dengan sambil membaca teks bahasa Jepang, dengan demikian anda secara tidak langsung akan mengasah kemampuan membaca bahasa Jepang juga. Adapun buku yang saya rekomendasikan untuk pemula adalah Minna no Nihongo Shokyuu I Shokyuu de Yomeru Topikku 25, buku ini merupakan buku yang digunakan untuk melatih kemampuan membaca dalam bahasa Jepang, bacalah buku ini sambil berbicara, bukan membaca dalam hati. Jika bingung, Japan Daisuki akan menyiapkan materinya untuk kamu secara gratis, tanpa harus beli, dan mengeluarkan uang.

3. Menonton Anime dan Film Jepang

Cara lainnya untuk belajar Bahasa Jepang mudah tanpa kursus adalah sering menonton anime, drama Jepang, dan berbagai film Jepang lainnya. Cobalah untuk menyimak dengan baik kata-kata yang diucapkan dalam film tersebut, dan berusahalah untuk memahami maknanya secara perlahan.

Namun ada satu hal yang perlu diperhatikan, bahwa dalam anime maupun drama, sering kali bahasanya tidak gramatikal, lebih sering menggunakan bahasa gaul, dan bahasa yang bisa dikatakan kasar, karena dalam drama dan anime ruang lingkupnya adalah kehidupan masa remaja dan anak-anak, makanya nilai sopan santun sering dikesampingkan. Untuk itu, dalam materi yang lain kita akan mencoba membahas tentang bahasa gaul dalam bahasa Jepang, untuk materinya kita akan memakai buku Dirty Japanese, namun jika kamu kesulitan untuk mendapatkan buku tersebut, kamu bisa mempelajarinya disitus Japan Daisuki, nanti Japan Daisuki akan bahas bersama-sama dengan kalian.

Belajar bahasa Jepang tanpa kursus memang dapat dilakukan, banyak orang yang lancar berbahasa Jepang tanpa kursus dan tanpa harus menempuh pendidikan formal bahasa Jepang sekalipun. Namun, sebagian besar kalangan memiliki kesulitan untuk menemukan buku-buku yang bagus untuk belajar otodidak, karena buku-buku belajar bahasa Jepang sangat susah untuk didapatkan di Indonesia. Maka jalan pintas yang biasa diambil oleh pelajar otodidak adalah mendownload buku-buku secara ilegal di internet. Namun apabila hanya digunakan untuk sendiri mungkin tidak apa-apa, namun belilah jika anda bisa membelinya. Untuk buku-buku bahasa Jepang, di Amazon Japan, dan Amazon tersedia lengkap.

Keywords
  • belajar bahasa jepang otodidak
  • cara cepat belajar bahasa jepang otodidak
  • cara cepat belajar bahasa jepang pdf