Canggihnya Teknologi Alat Pemisah Putih dan Kuning Telur di Jepang

0
485
Alat khusus pemecah telor Kewpie dan telur sehat dan baik bisa dipegang.
Alat khusus pemecah telor Kewpie dan telur sehat dan baik bisa dipegang.

Hasil penelitian Dentsu Ltd baru-baru ini, bahwa orang Indonesia ke Jepang karena tertarik teknologi Jepang. Pembuat mayonais terkenal Jepang, Kewpie Corporation memiliki teknologi tinggi dalam pembuatan mayonais dan terbuka untuk umum pabriknya sejak tahun 1961.

Kunjungan ke pabrik Kewpie akan memberikan banyak pelajaran bagi para wisatawan dalam dan luar Jepang karena banyak hal menarik dari teknologi yang ditampilkan di sana. Pabrik Kewpie ini bisa menjadi tempat wisata teknologi.

Salah satu hal menarik adalah alat khusus teknologi pemecah telur ayam. Satu tahun Kewpie menggunakan 4,2 miliar telur ayam atau 250.000 ton berat telur ayam per tahun. Jumlah ini 10 persen dari konsumsi telur ayam di Jepang yang berjumlah 2,7 juta ton.

Kunjungan wisata teknologi ke pabrik Kewpie bisa ke lima pabriknya yaitu di pabrik Goka Perfektur Ibaraki, di pabrik Fujiyoshida Perfektur Yamanashi, pabrik Koromo di Perfektur Aichi, pabrik Itami di Perfektur Hyogo dan pabrik Tosu di Perfektur Saga.

“Semua pabrik bisa dikunjungi oleh masyarakat terbuka bagi umum dan gratis,” kata Akiko Kawamura eksekutif Kewpie Corporation khusus kepada Tribunnews.com, Jumat (3/7/2015).

Rekomendasi dekat Tokyo adalah pabrik Goka di Perfektur Ibaraki. Di sana kita bisa melihat sehari 700.000 telur dipecahkan dengan cepat atau satu menit bisa memecahkan 600 telur dan hanya yang kuning saja bisa dipakai untuk membuat mayonais.

Alat memecahkan telur dan memisahkan otomatis telur kuning dari putihnya tersebut menggunakan alat khusus seperti pada gambar di sini.

Cepat sekali pemecahan dan perputaran dilakukan sampai akhirnya semua menjadi mayonais, segalanya menggunakan alat berteknologi tinggi.

Dari kunjungan ke pabrik tersebut yang menarik dilihat Tribunnews.com adalah penggunaan telur untuk pabrik ini ternyata sangat berkualitas tinggi.

Kalau telur baik berkualitas tinggi, dipecahkan, dipisahkan dari telur putih, maka tangan kita polos begitu saja, dapat mengambil, menjinjing telur merah itu dan telur merah yang di tengah itu tidak akan pecah.

Benar saja Tribunnews.com mencoba mengambil hanya telur kuningnya saja ternyata mudah diambil, dijepit pakai jari tangan, dijinjing dan telur merah tetap bisa terangkat baik, tidak pecah. Kuat sekali selaput yang menjaga telur kuning tersebut, sehingga tidak mudah pecah. Itulah telur berkualitas terbaik.

Mungkin paling menarik lagi, saat selesai kunjungan, bagian akhir adalah ke ruangan Salad (Salad Bar). Di sana kita bisa makan sepuasnya menggunakan mayonais tanpa bayar alias gratis.

Bukan itu saja, setelah selesai makan, mau pulang, kita pun diberikan oleh-oleh hadiah dari Kewpie sebagai kenang-kenangan.

Sudah gratis, makan gratis, dapat oleh-oleh dari Kewpie lagi. Inilah wisata teknologi Jepang dari perusahaan pembuat mayonais sejak 1919 atau sejak 96 tahun lalu.

Telur pun juga tidak terbuang begitu saja. Telur putih dibuat produk lain. Kemudian kulit telur dibuat berbagai macam produk.

Mulai pembuatan pelapis tembok seperti wallpaper dari kulit telur, dibuat kue Jepang, baby food karena kulit telur mengandung kalsium yang baik, lalu dibuat potlot kapur untuk menulis di papan sekolah, dibuat rabuk untuk bunga, dan bisa dipakai untuk penguat jalan atau landasan tanah.

“Jadi kulit telur pun kita pakai semua, tidak ada yang terbuang. Inilah kehebatan telur bisa didaur ulang semuanya,” tambahnya lagi.

Untuk bisa berkunjung ke pabrik kewpie gratis tinggal klik di situsnya http://www.kewpie.co.jp/know/openkitchen/  Sayang sekali semua dalam bahasa Jepang dan tiga bulan ke depan sudah banyak booking-an dari berbagai grup wisatawan. Namun September 2015 bisa masuk kunjungan ke sana karena masih belum penuh.