Cara Membuat Onigiri (Makanan Jepang)

0
881

Cara Membuat Onigiri (Makanan Jepang) – Apakah kalian sering mendengar kata onigiri? Onigiri adalah salah satu dari berbagai macam makanan khas Jepang, dan membuat onigiri tidak lah begitu sulit, kali ini japandaisuki.com akan membahas mengenai makanan Jepang yakni Onigiri dan sekaligus membahas cara membuat onigiri. Resep ini diambil dari situs indonesiaindonesia.com. Onigiri adalah salah satu makanan Jepang yang berupa olahan nasi yang memiliki rasa yang beraneka ragam dan berisi berbagai macam isian seperti daging babi, daging ikan, daging sapi, dan juga sayuran lainnya dan kemudian dibentuk menjadi bentuk segitiga, maupun bulat.

Onigiri kadang juga disebut omusubi atau nigiri-han. Setiap daerah di Jepang memiliki sebutan khusus untuk makanan ini, seperti di Aomori, onigiri disebut nigirimama, dan di Tochigi onigiri disebut dengan onin’ko. Sedangkan di Inonesia sendiri, onigiri disebut dengan nasi kepal. Onigiri merupakan bekal yang sering dibawa oleh berbagai anak sekolah di Jepang, bahkan sekarang kita bisa menjumpai berbagai macam onigiri di supermarket (konbini). Onigiri sangat praktis, mudah dibuat, dan tahan lama dibanding nasi biasa.

Variasi Onigiri

Membuat-Onigiri-2 Cara Membuat Onigiri (Makanan Jepang)

Bentuk onigiri bermacam-macam, antara lain;sankaku-kei(berbentuk segitiga sama sisi),tawara-kei(berbentuk silinder),maru-kei (berbentuk bulat agak gepeng), kyuu-kei(berbentuk bola, disebut juga temari-gata), shikaku-kei (berbentuk persegi empat), mirip oshizushi.

Nasi yang digunakan untuk onigiri bermacam-macam jenisnya, mulai dari nasi putih, nasi yang dicampur kacang-kacangan, jewawut, jamur dan sayuran. Isian untuk onigiri pun beragam:

  • Ikan-ikanan, seperti: katsuobushi , salmon, tuna,tarako/mentaiko, ikura.
  • Saus mayonnaise
  • Gorengan: kroket, hamkatsu, menchikatsu.
  • Acar: umeboshi, acar timun, acar wasabi, kimchi.
  • Masakan yang dipanggang, tumisan, sayuran,tsukudani dll.

Setelah itu onigiri diberi sentuhan terakhir dengan lapisan nori, konbu kering, asinan daun sakura, telur dadar tipis, irisan tipis daging dll.

CARA MEMBUAT ONIGIRI

  1. Masukan nasi kedalam mangkuk kecil sampai teisi setengahnya.
  2. Masukkan bahan isian yang diinginkan ditengah mangkuk, tekan pelan.
  3. Basahi tangan dengan air supaya nasi tak melekat di tangan. Lumuri tangan dengan garam secukupnya, kemudia tangkupkan isi mangkuk ke telapak tangan. Bentuklah menjadi segitiga dengan menekan kedua telapak tangan. Gulingkan ditelapak tangan sambil menekannya lembut.
  4. Lekatkan lembaran nori dibagian bawah onigiri.

Glossary (kamus istilah saat Membuat Onigiri)

Nori : lembaran rumput laut kering. Warnanya hijau tua kehitaman dan rasanya agak asin.

Konbu : ganging laut.

Oshizushi : sushi yang dibuat dengan cara dimasukkan ke dalam kotak cetakan, dipres kemudian dipotong-potong.

Katsuobushi : potongan daging tuna yang dikeringkan kemudian diserut menjadi serpihan-serpihan tipis.

Tarako : telur ikan cod yang diasinkan.

Mentaiko : telur ikan cod yang dibumbui dengan cabe.

Ikura : telur ikan salmon.

Hamkatsu : daging sapi yang digoreng.

Umeboshi : acar plum, warnanya merah dan rasanya sangat asam.

Wasabi : akan tumbuhan wasabi japonica yang pastanya dimakan bersama sushi. Fungsinya mencegah keracunan makanan karena bakteri.

Kimchi : asinan pedas ala korea.

Tempura : seafood atau irisan sayuran yang dibalur denganpanir lalu digoreng dengan cara deep fry.

Tsukudani : masakan yang direbus dalam kecap.

sumber : indonesiaindonesia