Kamus kanji merupakan kamus yang wajib dimiliki bagi mereka yang sedang belajar bahasa Jepang, kamus kanji boleh dimiliki dari level pemula. Walaupun ketika masih level pemula belum terlalu banyak belajar kanji. Namun sejatinya kamus kanji sangat penting, karena dengan kamus ini kita dapat mengenali cara baca dari sebuah kanji. Sebenarnya, selain menggunakan kamus kanji, ada cara lain untuk menentukan cara baca kanji dengan mudah, yakni dengan memanfaatkan teknologi, seperti menggunakan Google Translate, kita bisa mengetahui cara baca kanji hanya dengan memfoto tulisan kanji tersebut dan Google akan secara otomatis menerjemahkannya. Ada juga aplikasi Kanji Recogniser, dimana kita bisa menemukan cara baca kanji dengan menuliskan goresan dari kanji di smartphone kita. Untuk penggunaan teknologi sebagai alat pencari kanji akan saya bahas pada postingan berikutnya.

Yang akan dibahas disini adalah cara konvensional, dan manual. Cara ini lebih baik, karena nantinya kita akan terbiasa dengan kamus.

Japandaisuki.com akan membahas bagaimana cara penggunaan kamus kanji disertai dengan gambar. Kamus Kanji yang kami gunakan adalah kamus kanji Andrew N. Nelson.

Karakter Dasar atau disebut radical (bushu)
Karakter Dasar atau disebut radical (bushu)
      1. Buka kamus anda, bukalah halaman bagian depan yang berisi karakter dasar.
      2. Kali ini kita akan mencoba mencari cara baca dan arti dari karakter 鯉 yang mana karakter ini adalah menunjukkan salah satu jenis ikan, yang harusnya berada di daftar karakter dasar 魚 (ada banyak nama dan jenis ikan dalam huruf kanji 魚 yang berada di sebelah kiri). 魚  berjumlah 11 goresan. (Baca: Cara Menentukan Jumlah Goresan Dalam Huruf Kanji)
      3. Karena karkater 魚 berjumlah 11 goresan, maka kita akan mencari dibagian angka 11. Lihat gambar di bawah.

        Karakter 魚 yang berada di deretan 11
        Karakter 魚 yang berada di deretan 11
      4. Dari daftar karakter dasar dengan 11 goresan, kita menemukan lokasi 魚65q13m-1
      5. Setelah 魚 ditemukan berada di nomor radical ke 195, maka bukalah kamus anda ke nomor 195 di pojok kanan atas.

        Nomor Radical
        Nomor Radical
      6. Huruf kanji dipisahkan oleh jumlah goresan yang tersisa, dalam urutan naik. 鯉  memiliki karakter dasar 魚 (11) dan 里 (7) = 18 goresan. 11 diantaranya adalah jumlah goresan karakter dasar, jadi menyisakan 7 goresan, jadi kita menuju ke bagian 7 goresan.
        jumlah goresan yang tersisa pada kakter selain karakter dasar
        jumlah goresan yang tersisa pada kakter selain karakter dasar

         

      7. Dengan melihat secara cepat, kita dapat dengan cepat menemukan huruf kanji 鯉
        Huruf kanji yang ingin dicari telah ditemukan.
        Huruf kanji yang ingin dicari telah ditemukan.

        Huruf yang dicetak dengan huruf kapital merupakan cara baca kanji secara onyomi (cara baca China). Dengan demikian, cara baca kanji 鯉 yang kita cari adalah “Ri” dalam onyomi dan “koi” dalam kunyomi.

      8. Dengan demikian, misi kita sudah selesai.

Untuk artikel berikutnya, Japandaisuki.com akan memberikan cara mencari cara baca dari huruf kanji dari kamus kanji nelson menggunakan metode lain. Karena cara mencarinya tidak hanya dengan 1 cara melainkan ada beberapa cara.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here