Cara Menghafal Kosakata & Kanji Bahasa Jepang dengan Aplikasi AnkiDroid

0
769

Menghafal huruf kanji dan kosakata bahasa Jepang bukanlah merupakan suatu yang mudah. Bagi yang baru belajar bahasa Jepang, hal ini sangat sulit dilakukan. Karena banyaknya huruf kanji dan kosakata bahasa Jepang. Oleh karena itu, kita perlu menyusun strategi bagaimana cara untuk menghafal huruf kanji dan kosakata bahasa Jepang dengan cara yang menyenangkan. Nah, kali ini Japandaisuki.com akan mereview sebuah aplikasi yang dapat membantu mempelajari dan mengingat huruf-huruf kanji dan kosakata bahasa Jepang yaitu AnkiDroid.

AnkiDroid adalah aplikasi Android yang membantu kita untuk menghafal sesuatu, mulai dari hal apapun, seperti rumus matematika, kosakata, grammar, kanji, dan lain-lain tergantung flashcard yang kamu pilih. Sistem belajar menggunakan Anki adalah dengan metode flashcard, setiap flashcard berisi pertanyaan dan jawaban, dan juga penilaian (self-test) sejauh mana kamu sudah mempelajari kartu tersebut. Keunikan sistem flashcard adalah, kamu bisa menyusun mau mempelajari berapa kartu dalam sehari, dan kartu yang sudah cukup dihafal akan muncul lebih jarang, sedangkan kartu yang mungkin masih belum ingat atau hafal akan lebih sering muncul. Metode ini cocok digunakan untuk menghafal kosakata dan kanji dalam bahasa Jepang.

Mungkin, aplikasi AnkiDroid terdengar baru bagi kalian, biasanya yang kalian tau adalah aplikasi kamus bahasa Jepang, seperti Jsho, Jisho.org, Takoboto, Google Translate, Kanji Study, ZKanji, JA Sensei, dan lain-lain. Namun, jangan khawatir jika belum paham sama sekali menggunakan AnkiDroid, kalian bisa membaca dokumentasinya yang tersedia dalam bahasa Indonesia dan Inggris di sini.

Pertama-tama, instal dahulu aplikasi AnkiDroid dari Play Store, dengan mengetik kata kunci pencarian “AnkiDroid” atau download melalui link di bawah ini.

Download AnkiDroid Flashcards

Setelah aplikasi AnkiDroid Flashcards terinstal, silakan buka aplikasinya untuk menambahkan deck kartu baru. Aplikasi AnkiDroid ini belum tersedia terjemahan Indonesia untuk saat ini, tapi untuk kartu latihan menghafal bahasa Jepang sudah ada yang bahasa Indonesia.

Flashcard di AnkiDroid sebenarnya bisa dibuat sendiri, tapi kalau kamu tidak ingin repot, kamu bisa mendownload deck flashcard yang sudah dibuat oleh orang lain.

Untuk menambahkan deck flashcard, pilih Get shared decks.

Kemudian, akan terbuka halaman web Anki dan kamu bisa juga menambahkan deck flashcard kategori lain yang kamu inginkan. Untuk menambahkan deck bahasa Jepang, ketik kata kunci “bahasa jepang” pada kotak pencarian.

Kemudian pilih Bahasa Jepang – Indonesia. Hanya ini satu-satunya deck flashcard bahasa Jepang dengan terjemahan Indonesia, apabila kamu cukup mengerti bahasa Inggris, ada lebih banyak lagi deck flashcard yang tersedia. Saran admin kamu bisa memilih flashcard dengan terjemahan Inggris juga agar sambil melatih kemampuan bahasa Inggris selain bahasa Jepang.

Silakan gulir ke bawah sampai menemukan tombol download untuk mendownload flashcard tersebut. Flashcard AnkiDroid memiliki format .apkg. Setelah itu masukkan flashcard tersebut ke dalam aplikasi AnkiDroid.

Gambar di atas adalah flashcard yang sudah berhasil ditambahkan ke aplikasi AnkiDroid, kamu bisa menambahkan flashcard lain atau membuat flashcard sendiri sebanyak apapun yang kamu mau.

Cara Menggunakan AnkiDroid

Pada situs web Anki, sangat disarankan kamu untuk menggunakan aplikasi versi dekstopnya terlebih dahulu agar lebib familiar dengan sistem belajar Anki yang berbasis flashcard. Namun jika kamu tidak punya komputer, di website Anki sudah tersedia dokumentasi cara penggunaan yang sangat lengkap. Japandaisuki.com di sini hanya akan merangkum sedikit tentang cara menggunakan aplikasi AnkiDroid.

Halaman awal aplikasi AnkiDroid berisi daftar flashcard yang telah ditambah ke AnkiDroid.

Pada setiap flashcard berisi 3 pewarnaan nomor warna yang berbeda. Berikut ini adalah penjelasan dari nomor tersebut.

Biru : Adalah banyaknya kartu baru yang belum pernah dipelajari, dan kamu belum sama sekali hafal kartu tersebut.

Merah : Adalah banyaknya kartu yang sudah pernah dihafal dan dipelajari dan perlu direview agar tidak kelupaan.

Hijau : Adalah banyaknya kartu yang sudah kamu ingat, kartu-kartu ini akan muncul lebih jarang agar menyegarkan otakmu agar masih mengingat kartu tersebut.

Bagi kita yang baru belajar, ada baiknya belajar 1 sampai 3 deck dalam sehari. 1 deck terdiri dari 20 flashcard pada umumnya, jadi dalam sehari kamu bisa mempelajari 20 sampai 60 kosakata baru. Agar lebih efektif dalam menghafal kanji, pastikan membuka AnkiDroid setiap hari dan minimal mempelajari 1 deck flashcard dalam sehari. Aktifkan juga notifikasi pengingat untuk belajar agar kamu tidak kelupaan membuka aplikasi AnkiDroid. Setting notifikasi bisa dilihat pada gambar di bawah.

Kamu bisa mengubah beberapa pengaturan lain seperti yang kamu inginkan. Lalu kita balik lagi ke tampilan awal AnkiDroid. Pilih deck yang mau dipelajari, dalam hal ini kita pilih bahasa Jepang – Indonesia.

Ini adalah tampilan flashcardnya, telihat bahwa hari ini ada 10 kosakata yang perlu direview. Sebelum memilih show answer atau tampilkan jawaban, usahakan dulu untuk mengingat-ingat arti dan huruf kanjinya, apabila tidak ingat, pilih show answer.

Setelah memili show answer maka jawaban akan ditampilkan, setelah itu kamu harus memilih sampai sejauh mana kamu mengingatnya, harap pilih benar-benar sesuai dengan kemampuan mu. Karna ini sifatnya adalah self-test pilihlah again, good atau easy. Berikut ini adalah penjelasan dari ketiga pilihan tersebut.

AGAIN < 1 min : jika memilih ini, kamu masih belum hafal dari flashcard tersebut, dan kartu tersebut akan sering muncul pada pertanyaan selanjutnya dalam rentang waktu 1 menit kedepan.

GOOD 1 d : pilih lah ini jika kamu sudah cukup mengingat kartu tersebut. Kartu tersebut akan dimunculkan kembali dalam waktu 1 hari kedepan untuk direview agar tidak lupa.

Easy 4 d : pilih ini apabila kamu benar-benar sudah mengingat kartu tersebut dengan baik. Kartu tersebut akan dimunculkan lebih jarang dalam waktu 4 hari kedepan untuk direview agar tidak lupa.

Menu AnkiDroid ini juga sangat simpel, pada menu terdapat Deck untuk mengelola deck, card browser untuk melihat isi kartu, statistik untuk melihat progres belajar kamu, night mode (mode gelap untuk mengurangi eye-strain pada saat belajar di malam hari), settings (pengaturan AnkiDroid), help (dokumentasi cara penggunaan AnkiDroid), dan feedback untuk memberi masukan, saran, dan laporan bug ke pengembang AnkiDroid.

Keunggulan AnkiDroid adalah free dan open-source, memiliki banyak komunitas, dan variasi deck flashcard yang sangat banyak dibuat dan dibagikan oleh komunitas. Nah sekian dulu review aplikasi dari JapanDaisuki.com semoga artikel ini berguna untuk menambah wawasan kalian dalam belajar bahasa Jepang.

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.