Cara Mengucapkan Salam dalam Bahasa Jepang

0
2332
greetings-english

Cara Mengucapkan Salam dalam Bahasa Jepang
Jika kamu bertemu dengan seseorang, di manapun lokasinya dan kapan waktu terjadinya, salam apa yang akan kamu ucapkan? Bagaimana jika kamu bertemu dengan teman kamu pada waktu pagi hari, pada waktu siang hari, pada waktu malam hari, bagaimana cara mengucapkan salam dalam bahasa Jepang untuk saat-saat tersebut? Kali ini Japandaisuki.com akan memberikan materi singkat tentang bagaimana caranya mengucapkan salam dalam bahasa Jepang. Dan kali ini materi juga akan disertai huruf kanjinya, jadi bagi kalian yang sedang belajar bahasa Jepang, maka kalian juga dapat sekaligus belajar kanjinya.

Pada Saat Pagi

Pada saat pagi, salam yang diucapkan pada saat bertemu seseorang adalah ohayou gozaimasu (おはようございます).ohayou gozaimasu

Pada Saat Siang Hari

Untuk mengucapkan salam dalam bahasa Jepang pada saat siang hari adalah konnichiwa (こんにちは / 今日は)

konnichiwa

Pada Saat Malam Hari

Ketika menjelang malam hari, atau pada saat malam hari, gunakan salam konbanwa (こんばんは / 今晩は).

Pada saat menjelang tidur/istirahat malam

oyasuminasai

Kalau kamu mau mengucapkan salam kepada orang yang hendak beristirahat, gunakan salam oyasuminasai (おやすみなさい  /  お休みなさい).

Nah, sekarang kita telah mempelajari beberapa kosakata untuk mengucapkan salam dalam Bahasa Jepang. Selanjutnya, kita akan mempelajari kosakata yang lain lagi yang berkaitan juga dengan salam, diantaranya adalah:

dewa mata

sayounara / dewa mata. Sayounara memiliki arti sampai jumpa, dan dewa mata artinya sampai bertemu kembali, perbedaannya adalah penggunaan sayounara digunakan pada saat hendak bertemu kembali namun pada jangka waktu yang sangat lama, sedangkan dewa mata jangka waktunya pendek, misalnya 1 hari, 2 hari, atau 1 minggu.

mata ashita, salam ini digunakan untuk mengungkapkan “sampai bertemu besok”, dalam hal ini pembicara yakin bahwa ia akan bertemu kembali dengan lawan bicara pada keesokan harinya.

mata raishuu, salam ini digunakan pada saat ada maksud atau niat hendak bertemu kembali pada saat minggu depan. Mata raishuu artinya adalah “sampai bertemu minggu depan”

Ungkapan menyatakan Terima Kasih

Pada saat hendak menyatakan rasa terima kasih atas perbuatan yang dilakukan oleh seseorang, maka gunakanlah salam/ungkapan arigatou gozaimasu.

Menanyakan Kabar Seseorang

Bila hendak menanyakan kabar/kondisi seseorang, gunakan lah kata ogenki desuka yang artinya “bagaimana kabarmu hari ini?” dan jawaban atas pertanyaan ini adalah genki desu yang artinya “keadaan saya baik”

Cara meminta maaf dalam bahasa Jepang

Pada saat kamu tidak sengaja mengganggu seseorang, atau mengagetkan seseorang, seperti tidak sengaja menginjak kakinya, tidak sengaja menyenggolnya, gunakanlah kata sumimasen.

Ohayou gozaimasu, konnichiwa, konbanwa, hanya diucapkan pada saat bertemu.

Salam ohayou gozaimasu, konnichiwa, dan konbanwa, hanya diucapkan pada saat bertemu/berjumpa dengan seseorang, ketiga salam ini tidak digunakan pada saat hendak berpisah dengan seseorang. Pada saat berpisah, yang sangat umum digunakan adalah sayounara, namun bila ada rencana bertemu kembali dalam beberapa waktu kedepan, digunakan kata dewa mata, mata ashita, atau mata raishuu.

Nah, sampai di sini apakah sudah mengerti tentang bagaimana cara megucapkan salam dalam bahasa Jepang? Jika sudah mengerti, mari kita berlatih dengan contoh percakapan singkat:

Wan: Maiku-sensei, ohayou gozaimasu
Maiku: Wan-san, ohayou gozaimasu
Wan: Kyou wa ogenki desu ka?
Wan: Hai, genki desu

Maiko: Jaa, Tanaka-san, mata ashita
Tanaka: mata ashita

Berikut ini adalah daftar kosakata yang digunakan dalam materi belajar Bahasa Jepang kita kali ini:

  • Ohayou gozaimasu : Selamat pagi
  • Konnichiwa : selamat siang
  • Konbanwa : selamat malam
  • Oyasuminasai : selamat beristirahat
  • Kyou : hari ini
  • Jaa : kalau begitu
  • Hai : ya
  • Sayounara : sampai jumpa
  • Dewa mata : sampai bertemu kembali
  • Mata ashita : sampai bertemu besok
  • Mata raishuu : sampai jumpa minggu depan
  • Arigatou gozaimasu : terima kasih

Facebook Comments

Keywords

perbedaan salam ja mata dan sayounara, salam yang diucapkan ketika bertemu teman di malam hari adalah…, Arti sayonara desu ka, raishuu artinya, Mengucapkan salam saat bertemu teman malam hari, Mata raishu dewa mata mata ashita, ja mata artinya, arti mata raishuuu konbanwa, arti ja mata dewa mata, arti dewa mata, apa bahasa indonesianya mata ashita

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.