Etika Memakai Sumpit

0
24
Credits: Daiki Tanokami

Sumpit (hashi) merupakan alat makan yang identik dengan restoran Jepang dan China. Orang Jepang menggunakan sumpit sebagai alat makan utama. Menggunakan sumpit tidak boleh sembarangan, sebaiknya berhati-hati karena ada beberapa etika yang harus dipatuhi ketika menggunakan sumpit. Ada hal yang boleh dilakukan ketika menggunakan sumpit dan ada juga hal yang dilarang karena dianggap sebagai perbuatan yang tidak sopan.

Jangan Menusuk Sumpit Secara Vertikal Pada Mangkuk Nasi

justhungry.com

Jangan sekali-kali menusuk sumpit secara vertikal pada makanan atau mangkuk nasi anda, karena hal itu dianggap nasi tersebut diberikan ke orang mati pada peti matinya atau di depan gambar mereka di sebuah altar.

Jangan Berbagi Makanan dari Sumpit ke Sumpit (Hashi-bashi)

Hal ini dianggap tabu karena dianggap sebagai ritual pemakaman di mana tulang dari orang yang telah meninggal dipindahkan dari orang ke orang ke dalam guci dengan sepasang sumpit. Jika seseorang memberikan makanan ke mangkukmu dengan sumpit jangan pernah mengambilnya dengan sumpitmu sendiri. Atau gunakan sumpit bersama untuk memberikan makanan ke mangkuk / piring orang lain.

Sumpit Bukan Sebuah Mainan

Jangan pernah bermain-main dengan sumpit seperti halnya anda bermain-main dengan sendok dan garpu. Jangan memakainya sebagai aksesoris rambut. Karena ada aksesoris untuk rambut yang mirip seperti sumpit disebut dengan kanzashi yang berbeda dengan sumpit.

Jangan Menusuk Makanan dengan Sumpit (Sashi-bashi)

Credits: Wendy

Jangan pernah menusuk makanan dengan sumpit apabila makanan tersebut licin atau susah diambil, menusuk makanan dianggap sebagai kelakuan yang buruk.

Jangan Menunjuk Seseorang dengan Sumpit

Credits: Damien McMahon

Mengarahkan sumpit ke arah seseorang untuk menunjuk orang tersebut merupakan hal yang sangat kasar sama seperti kamu menunjuk orang lain dengan jari.

Jangan Menjilat-jilat Sumpit (Neburi-bashi)

Credits: Michael Matuzak

Ketika memasukkan sumpit ke dalam mulut untuk beberapa waktu, jangan pernah menjilat-jilat sumpit tersebut karena dianggap tidak higienis dan merupakan kelakuan yang buruk apalagi jika kamu saling berbagi piring makanan dan menggunakan sumpit milikmu untuk mengambil makanan dari piring yang sama. Gunakan tempat sumpit jika kamu ingin meletakkan sumpit untuk sementara waktu.

Jangan Mencuci Sumpit Sembarangan

Credits: Benjamin Claverie

Jangan mencuci sumpit dengan kuah sup atau mangkuk air ketika ada beberapa makanan yang lengket di sumpit.

Jangan Mengaduk-aduk Makanan dengan Sumpit

Credits: Sebastian Bassi

Jangan gunakan sumpit untuk mengaduk-aduk makanan ketika hendak mencari makanan dari piring bersama karena hal tersebut dianggap rakus.

Jangan Gunakan Sumpit untuk Memindahkan/Menggeser Mangkuk

Credit: matcha-jp.com

Yose-bashi adalah menggeser atau memindahkan mangkuk makanan dengan menggunakan sumpit. Tapi jangan melakukan hal ini, sebaiknya pindahkan mangkuk dengan tangan untuk menghargai makanan tersebut.

Jangan Meletakkan Sumpit Melintang di Atas Mangkuk

Credit: matcha-jp.com

Meletakkan sumpit secara melintang di atas mangkuk disebut dengan watashi-bashi. Hal ini dianggap bahwa anda telah selesai makan. Jika anda meletakkannya secara tiba-tiba pada saat makanan masih ada, maka hal tersebut dianggap bahwa anda tidak menyukai makanan tersebut karena tidak enak sehingga anda tidak menghabiskannya. Sebaiknya letakkan sumpit di tempat yang sudah disediakan.

Credit: matcha-jp.com

Untuk menghindari watashi-bashi anda bisa meletakkan sumpit pada mangkuk seperti gambar di atas.

Source:

itsyourjapan.com

matcha-jp.com

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Tulis nama anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.