Jepang Disebut Neraka Para Perokok, Mengapa?

0
792
Larangan merokok di Kastil Okayama meski berada di luar ruangan (Afif/detikTravel)
Larangan merokok di Kastil Okayama meski berada di luar ruangan (Afif/detikTravel)

Tokyo – Jepang dikenal sebagai negara dengan penduduk yang sehat. Pola makan teratur, kebanyakan makan ikan dan sayur, serta suka berjalan kaki. Satu lagi, Negeri Sakura pun disebut neraka bagi para perokok.

“Buat apa kita merokok kalau itu bisa membuat Anda mati lebih cepat,” tegas Tatsuo Yoshino kepada detikTravel di Tokyo, saat perjalanan menjelajahi Jepang bersama rombongan media dari Jakarta atas undangan Japan National Tourism Organization (JNTO) dan Cathay Pacific beberapa waktu lalu.

Yoshino tampaknya berubah sikap menjadi sedikit naik tensi kala saya mengajak berbicara soal rokok. Bukan tanpa alasan, saya melihat banyak aturan dilarang merokok di berbagai tempat khususnya di tempat-tempat umum. Termasuk, di tempat wisata yang berlokasi di kota kecil atau kota besar.

“Banyak tempat yang memuat larangan merokok apalagi di tempat wisata. Orang yang merokok harus menaati peraturannya kalau tidak petugas keamanan langsung turun tangan,” tutur Yoshino yang usianya sudah 75 tahun dan bukanlah seorang perokok.

Yoshino pun mengungkapkan, orang-orang yang merokok termasuk juga turis, diizinkan merokok di tempat ‘smoking area’ yang disediakan. Namun menariknya, tempat tersebut berada jauh dari keramaian. Atau, bisa juga tempatnya dilewati banyak orang sehingga para perokok akan merasa malu karena dilihat orang-orang.

Soal tempat wisata, semua tempat wisata dari kuil sampai perbukitan di atas gunung sekalipun terpampang tanda larangan merokok. Contohnya seperti di Kastil Okayama di Kota Okayama, tempat makan di tengah kebun luas saja masih terdapat larangan merokok. Padahal, bisa dibilang sebenarnya itu adalah tempat yang terbuka dan penuh pepohonan.

Yang menarik dan berbeda dari negara-negara maju lainnya seperti Singapura, tanda larangan merokok di Jepang hanya gambar rokok saja yang dicoret. Tanpa, embel-embel denda yang besar.

151315_rok2 Jepang Disebut Neraka Para Perokok, Mengapa?
Aneka larangan termasuk larangan merokok di dalam Kastil Himeji (Afif/detikTravel)
151331_rok3 Jepang Disebut Neraka Para Perokok, Mengapa?
Larangan merokok di Shinkansen (Afif/detikTravel)