Jepang Rancang Kereta Tak Terlihat yang Menyatu dengan Alam

0
344

Jepang terkenal dengan harmoni antara teknologi, desain dan alam. Negara matahari terbit itu juga memiliki jaringan kereta api yang cukup mengagumkan, yang menawarkan kereta tercepat di dunia. Jadi, tidak mengherankan bahwa jaringan kereta Jepang tengah merancang sebuah kereta ekspres yang mulus menyatu dengan lingkungannya.

Kazuyo Sejima, seorang arsitek terkenal Jepang tengah ditugaskan oleh Seibu Railways untuk merancang konsep Kereta Tak Terlihat. Tentu saja, tidak ada sihir yang terlibat. Kereta benar-benar akan memberikan kesan ini, dengan menggunakan cermin semi-reflektif pada eksteriornya, mencerminkan lanskap sekitarnya. Meskipun proyek tersebut saat ini masih dalam tahap konsep, mereka mengatakan tujuh dari kereta ini dapat bergulir melalui pedesaan sangat indah dan kota-kota Jepang paling lambat tahun 2018.

Sementara ini adalah proyek pertama Sejima dalam merancang kereta, namun ia memiliki banyak pengalaman merancang bangunan dengan gaya reflektif yang sama. Ia juga telah meraih gelar Pritzker Architecture Prize, penghargaan yang sering disebut sebagai Nobel dalam dunia arsitektur.

“Konsep proyek diperkenalkan kepada saya sebagai ‘sebuah kereta ekspres baru terbatas yang tidak terlihat,” kata Sejima dalam siaran pers.

“Kereta terbatas ini akan melakukan perjalanan di berbagai pemandangan yang berbeda, dari pegunungan Chichibu, ke tengah Tokyo, dan saya pikir itu akan baik, jika kereta bisa aktif berdampingan dengan berbagai pemandangan. Saya juga menginginkan kereta itu menjadi transportasai, dimana sejumlah besar orang dapat bersantai dalam kenyamanan, dengan cara mereka sendiri, seperti ruang tamu, sehingga mereka berpikir ‘saya berharap untuk naik kereta itu lagi.’ ” tambah Sejima.

(K.N Rosandrani / Iflscience)