Jungle Salvator Gaiar, Tokusatsu Asli Kalimantan Tengah

0
832

Tokusatsu. Kata yang satu ini pasti telah akrab di telinga para pecinta pop-kultur Jepang. Genre serial superhero berzirah baja dan bertopeng ini, seperti anime dan manga, merupakan kontribusi dunia hiburan Jepang yang telah keluar dan ‘mewabahi’ para Japanese lover seantero nusantara. Generasi  90’an pasti ingat serial Ksatria Baja seperti Ksatria Baja Hitam RX, Masked Rider Kuuga, atau serial Super Sentai seperti Power Ranger, Ninja Ranger, dan lain-lain. Anak-anak jaman sekarang mungkin lebih familiar dengan yang paling baru, Kamen Rider Gaim, Ressha Sentai Tokyuger, atau tokusatsu produksi lokal Bima Satria Garuda.

Nah, kecintaan atas dunia tokusatsu ini telah menginspirasi beberapa produksi serial atau film tokusatsu bertema lokal yang diproduksi secara independen. Salah satunya adalah serial web tokusatsu  alimantan Tengah yang pertama, yaitu Jungle Salvator Gaiar.

 10429003_10202882724966225_1897568517_n Jungle Salvator Gaiar, Tokusatsu Asli Kalimantan Tengah

Serial ini merupakan produksi dari komunitas Cosplayer Palangkaraya (COPA). Idenya, selain untuk mempromosikan komunitas, juga untuk lebih memperkenalkan genre tokusatsu dengan cita rasa adat lokal kepada masyarakat.

Jungle Salvator Gaiar bercerita tentang seorang pemuda bernama Kris yang diberi kekuatan berubah wujud oleh leluhur Ksatria Dayak untuk melindungi tanah Kalimantan dari sebuah organisasi jahat bernama Legion yang memiliki misi untuk menguras sumber daya alam tanah Kalimantan demi tujuan mereka sendiri.

Sejauh ini, Jungle Salvator Gaiar telah mencapai lima episode dan akan terus berjalan. Kalian bisa menontonnya di channel youtube COPA atau silakan like fanspage-nya di facebook Jungle Salvator Gaiar untuk Behind the Scene dan informasi lainnya.

Dukung tokusatsu lokal kita dengan menonton dan memberi feedback. (Blaze)