Mudahnya Baca Kanji saat Browsing dengan bantuan Addon Rikaichan/Rikaikun

1
Rikaichan
Rikaichan

Cara Membaca Kanji Saat browsing di Internet saat ini bukanlah perkara yang sulit. Bagi kamu yang sedang belajar bahasa Jepang yang belum hafal seluruh kanji-kanji, maka kamu bisa menggunakan bantuan add-on/ekstensi browser yang dapat membantu kita mengerti kanji-kanji yang ada di Internet.

Nama tool nya adalah Rikaichan. Rikaichan adalah addon untuk Firefox, dan saat ini versi untuk Chrome sudah tersedia dengan nama Rikaikun.

Kelebihan dari addon Rikaichan/Rikaikun adalah mampu mendeteksi kanji gabungan hingga menampilkan terjemahan dan cara bacanya. Cara penggunaannya pun cukup mudah, kamu hanya perlu mengarahkan kursor mouse ke huruf kanji yang hendak dicari tahu cara bacanya dan artinya.

Catatan: Apabila kamu mengarahkan kursor mouse ke huruf kanji namun Rikaichan tidak dapat memunculkan informasinya, maka kemungkinan besar kanji tersebut dalam format gambar. Rikaichan hanya bisa mendeteksi kanji dalam format teks. Untuk mendeteksi cara baca kanji yang berformat gambar, saat ini belum ada addonnya. Tapi kamu bisa mencari artinya menggunakan aplikasi Android, yaitu Google Translate.

Oke, sekarang langkah kita selanjutnya adalah cara menginstall Rikaichan di Firefox dan Rikaikun di Chrome.

Cara Install Rikaichan di Firefox

  1. Pilih menu Firefox, lalu pilih Pengaya
    pengaya firefox
  2. Ketik Rikaichan di pencarian, lalu search
    rikaichan-2
  3. Install Rikaichan terlebih dahulu, lalu berikutnya install database kamusnya.
    rikaichan-3Database kamus yang sebaiknya diinstall: Rikaichan Japanese-English Dictionary File, dan Rikaichan Japanese Names Dictionary File
  4. Setelah melakukan penginstallan Rikaichan dan File Kamusnya, restart Firefox
    rikaichan-4Dengan begini harusnya addon Rikaichan sudah berhasil terinstall dengan baik di browser Firefox.

rikaichan-aktif

Cara Install Rikaikun di Chrome

Berbeda penamaan dengan versi Rikaichan untuk Firefox, kalau di Chrome maka namanya adalah Rikaikun. Penginstallan ekstensi Rikaikun juga tidak susah, kalian bisa menginstallnya seperti berikut.

  1. Klik ekstensi di menu Chrome. Menu > Alat lainnya > Ekstensi
    rikaichan-chrome-1
  2. Scroll ke paling bawah, klik “Dapatkan ekstensi lainnya” untuk membuka Chrome Web Store. Atau langsung bisa klik link ini https://chrome.google.com/webstore/category/extensions?hl=id
  3. Ketik Rikaikun di pencarian
  4. Install Rikaikun, sedikit berbeda dengan Firefox, penginstallan ekstensi Rikaikun di sini langsung dengan paket database kamusnya. Jadi kalau menginstall ekstensi Rikaikun, sudah termasuk dengan kamusnya.
  5. Kalau sudah terinstall, restart Chrome, dan untuk mengaktifkan Rikaikun, klik ikon Rikaikun yang berada di pojok kanan atas. Opsi klik kanan akan membuka menu options dari Rikaikun.
    rikaikun-aktif-chromeKalau ada tanda ON, artinya Rikainkun dan Rikaichan sudah aktif, sekarang kalian bisa melakukan uji/test dengan membuka website yang berbahasa Jepang, contohnya kita akan membuka website NHK.

Testing Addon/Ekstensi Rikaichan/Rikaikun

Cobalah kita lihat hasil addon ini dengan membuka situs berbahasa Jepang, misalnya NHK.

test-rikaichan-1

Test ini dilakukan dengan mengarahkan kursor ke teks tulisan Jepang.

Selanjutnya tes ke dua yaitu dengan mengarahkan kursor mouse ke huruf kanji yang berformat gambar.test-rikaichan-2

Di sini terlihat bahwa kanji tersebut tidak dapat dibaca. Karena ketidak mampuan addon ini untuk mendeteksi kanji yang ada pada suatu gambar.

Kanji tersebut adalah 番組表 (bangumihyou) yang artinya adalah Daftar Program Acara Televisi. Biasanya sih semacam jadwal tayang untuk setiap program acara TV.

Nah minasan, demikianlah penjelasan, tutorial pemasangan addon Rikaichan dan Rikaikun ini. Kita memang tidak bisa bergantung 100{767af9215c1290c810e62f6b680a6ac31634a0de9ce11c563acde1a87ce5670b} kepada kedua addon ini, tapi dengan adanya addon ini membantu kita untuk membaca suatu huruf kanji yang kadang kita mungkin lupa cara membacanya. Terimakasih sudah membaca artikel ini, dan selamat belajar.

 

Facebook Comments

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.