Nihongo Kokugo Jiten

0

Nihongo Kokugo Jiten adalah kamus Jepang monolingual yang digunakan untuk mencari definisi dari suatu kata maupun istilah bahasa Jepang. Kamus Nihon Kokugo Jiten merupakan kamus yang paling terautorisasi dan menjadi standar dalam percakapan sehari-hari, penulisan berbagai artikel, koran, teks buku, jurnal, karya ilmiah dan karya publikasi lainnya dalam bahasa Jepang. Kalau dalam bahasa nasional Indonesia, kita berpedoman pada Kamus Besar Bahasa Indonesia sebagai pedoman bahasa standar dalam berbicara, dan penulisan berbagai artikel, buku pelajaran, berita, karya ilmiah, dan lainnya. Nihon Kokugo Jiten dan KBBI hanya merupakan kamus bahasa tunggal, misalnya kita mencari kata Jepang, maka kita akan mendapatkan penjelasannya dalam bahasa Jepang juga. Begitu juga dengan KBBI, bila kita mencari istilah dalam bahasa Indonesia, maka kita akan mendapatkan penjelasannya dalam bahasa Indonesia. Seiring perkembangan zaman dan trend yang selalu berubah-ubah, maka entri yang ada di kokugo jiten pun semakin kaya, demikian pula dengan kamus KBBI. Sebagai informasi, pada KBBI edisi ke V sudah disertakan berbagai istilah modern, istilah kekinian, istilah komputer dan berbagai istilah yang sudah diserap ke dalam bahasa Indonesia dari berbagai bahasa asing. Nah balik lagi ke kokugo jiten, kokugo jiten dengan database terbesar saat artikel ini ditulis yaitu Koujien, memiliki sekitar 250,000 entri yang terdiri dari berbagai macam bidang bahasa, bidang ilmu pengetahuan, dll.

Versi dari kokugo jiten itu sendiri lumayan banyak, namun isi dan penjelasan di dalam nya hampir mirip dengan yang lain. Penyusunan kokugo jiten didasari sejak jaman Edo, ada seorang pelajar yang bernama Tanikawa Kotosuga (1709 – 1776) yang berkontribusi dalam penyusunan Nihon Shoki 日本書紀, ia menyusun sebuah kamus monolingual Jepang yang pertama yaitu 和訓の栞 Wakun no Shiori, buku petunjuk pedoman pengucapan bahasa Jepang. Terdiri dari 9 volume, dan selesai dibuat pada tahun 1887.

Setelah itu kemudian kamus Jepang modern pun dibuat, seorang linguis bernama Ootsuki Fumihiko menyusun kamus Daigenkai 大言海 (1889 – 1891) berdasarkan pada kamus Webster sebagai modelnya. Kemudian pada tahun 1934, terbit lagi kamus modern Jepang-Jepang yang bernama Daijiten 大辞典. Kamus Daijiten diterbitkan oleh Heibonsha (1934 – 36) dan diedit oleh Shimonaka Yasaburou, Daijiten merupakan kamus kokugo dengan database terbesar yang terbit pada masa itu. Daijiten berjumlah 26 volume dengan 700rb kosakata, diurutkan berdasarkan cara pengucapan dan mencakup keseluruhan kosakata bahasa Jepang yg sering digunakan.

Nihon Kokugo Jiten hampir sama dengan Daijiten dan Daigenkai, namun lebih modern dan diterbitkan oleh Shogakukan (1972 – 76). Berisi sekitar 500rb entri. Dengan tebal halaman sekitar 3000 halaman.

Untuk saat ini, bila kamu sedang mencari kamus-kamus bahasa Jepang sebagai referensi penelitian mu baik itu skripsi, thesis, maupun disertasi ataupun hanya untuk koleksi dan pembelajaran pribadi, ada banyak kamus kokugo jiten modern yang dijual dipasaran, namun kamus-kamus ini belum dijual di Indonesia, tapi kamu bisa membelinya lewat impor melalui Amazon, atau dengan membeli denshi jisho / kamus elektronik yang sudah dijual di Indonesia dengan merek Casio (bukan maksud promosi, tapi memang merk Casio yang rata-rata memiliki kamus bahasa Jepang monolingual di dalamnya), berikut ini akan dibahas apa saja jenis-jenis Kokugo Dictionary yang tersedia saat ini.

Kamus Jepang-Jepang Skala Besar

Kamus Jepang-Jepang skala besar ini bisa dibilang kamus yang memiliki database yang sangat lengkap, karna di dalamnya tidak hanya mencakup satu bidang saja, tetapi berbagai macam bidang, mulai dari bahasa, politik, ilmu pengetahuan alam, ilmu sosial, engineering, musik, teknologi, kedokteran, komputer, dll.

Koujien

Koujien (Taman yang Luas dari Kata-kata / Wide Garden of Words) diterbitkan pertama kali oleh penerbit Iwanami Shoten pada tahun 1955, dan telah mencapai edisi ke 7 yang diterbitkan pada tahun 2018. Koujien disusun dan diedit oleh Shinmura Izuru, pada edisi ke 7 telah berisi sekitar 250,000 entri. Kamus yang paling tinggi statusnya saat ini, setiap entri memiliki definisi berdasarkan kronologi yang memudahkan untuk mempelajari semantik diakronik. Kamus Koujien umumnya digunakan dalam penulisan seperti Asahi Shinbun, dll. Koujien tersedia dalam versi hardcopy (printed), digital (denshi jisho) dan aplikasi Android/iOS. Kamus ini tidak gratis, kamu bisa membelinya di sini.

Amazon:

Denshi Jisho:

iOS / Android (tidak tersedia di Indonesia):

Daijirin

大辞林 Daijirin “Hutan Besar dari Kata-kata / Great Forest of Words” diterbitkan pertama kali oleh penerbit Sanseidou pada tahun 1988 dan diedit oleh Matsumura Akira 松村明, memiliki sekitar 233,000 entri. Daijirin merupakan rival dari Koujien, entri Daijirin disusun berdasarkan yang paling umum lebih dulu daripada susunan kronologis.

Daijisen

Diterbitkan pertama kali oleh Sanseidou pada tahun 1995, dan juga diedit oleh Matsumura Akira, memiliki 220,000 entri dan merupakan saudara kembar dari Daijirin. Perbedaanya pada Daijisen terdapat gambar berwarna dibandingkan gambar bergaris pada Daijirin sebagai ilustrasi.

Nihongo Daijiten

日本語大辞典 edisi pertama diterbitkan oleh Kodansha pada tahun 1989 dan diedit oleh Umesao Tadao, berisi 175,000 kosakata. Nihon Daijiten berisi berbagai macam gambar ilustrasi berwarna, dan juga terdapat terjemahan Inggris nya.

Kamus Jepang-Jepang Skala Kecil

Kamus Jepang-Jepang skala kecil cocok digunakan oleh setiap orang untuk pemakaian sehari-hari contohnya mencari huruf kanji yang tepat untuk sebuah kata, atau mencari definisi dari sebuah kata, kamus skala kecil biasanya hanya mencakup satu bidang saja.

Shinmeikai Kokugo Jiten

新明解国語辞典
(Ed. by 金田一京助 Kindaichi Kyousuke et al., 三省堂 Sanseidou, 5th ed., 1997. ISBN 4-385-12099-X.)

Shinmeikai Kokugo Jiten (New clear explanation of Japanese Dictionary) adalah kamus besar bahasa Jepang dengan penjualan terbanyak diantara kamus kokugo dengan skala kecil. Kamus ini ditujukan bagi pembaca umum, pelajar dan mahasiswa. Kamu dapat mencari definisi dan penjelasan dari sebuah kosakata Jepang sama seperti kamu mencari definisi kosakata bahasa Indonesia di dalam kamus KBBI. Shinmeikai Kokugo Jiten tersedia dalam paperback (Amazon), versi digital EPWING, dan aplikasi iOS maupun Android (region Jepang).

Sanseidou Kokugo Jiten

(Ed. by 見坊豪紀 Kenbou Hidetoshi et al., 三省堂 Sanseidou, 4th ed., 1992. ISBN 4-385-13188-0.)

Sama seperti kamus Sanseido yang lain, pada kamus ini terdapat penekanan kontemporer yang kuat dan berisi banyak istilah bahasa percakapan sehari-hari yang terlewatkan oleh leksikografer yang lain. Kamus ini ditujukan untuk pembaca umum, pelajar dan mahasiswa.

Facebook Comments

Keywords

Dai Nihon kokugo jiten, kokugo jiten

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.