Halo semua, hari ini blog Japandaisuki.com memberikan update artikel mengenai partikel Bahasa Jepang, ke depannya admin akan lebih mengutamakan artikel mengenai partikel bahasa Jepang terlebih dahulu, kemudian diselingi dengan artikel tentang tata bahasa berupa pola kalimat, artikel mengenai huruf kanji, dan juga artikel mengenai kosakata dan contoh-contoh kalimat. Pada hari ini Japandaisuki.com akan memberikan informasi tentang partikel だの dano. Partikel dano mungkin terdengar asing dan baru bagi kamu yang baru saja belajar bahasa Jepang. Sesuai dengan apa yang sudah admin baca dalam bukunya Sue A. Kawashima pada buku yang berjudul A Dictionary of Japanese Particles, dano だの termasuk ke dalam partikel bahasa Jepang. Apa fungsi partikel dano だの dan contoh kalimatnya? Sebelum lanjut membaca, jangan lupa bookmark, dan subscribe push notification. Sebelumnya, artikel di blog ini tidak dapat dicopypaste dengan bebas, jika ingin membacanya secara offline, silakan screenshot, atau simpan halaman web ya.

Fungsi Partikel dano だの

Partikel だの dano digunakan untuk mendaftar hal-hal tertentu secara berturut-turut. Digunakan ketika menyebutkan beberapa hal yang mau dikutip. Dalam Bahasa Indonesia, artinya “hal seperti (sesuatu) dan (sesuatu)….”

Contoh kalimat

紙屑だの空き缶だの、道に散らかっている。
Kamikuzu dano akikan dano, michi ni chirakatte-iru.
Hal-hal seperti potongan kertas dan kaleng kosong tersebar di sepanjang jalan.

一人歩きは危険だの、地下鉄は怖いだの、ニューヨークに引っ越すと決まったら友達から脅かされた。
Hitori aruki wa kiken dano, chikatetsu wa kowai dano, Nyuuyooku ni hikkosu to kimattara tomodachi kara odokasareta.
Ketika saya sudah putuskan untuk pindah ke New York, saya ditakut-takuti oleh teman saya terhadap hal-hal seperti “bahaya berjalan sendirian” dan “kereta bawah tanah terasa menyeramkan”.

Demikian penjelasan mengenai partikel dano だの dalam Bahasa Jepang, admin harap semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu menambah wawasan Bahasa Jepang. Apabila terdapat kesalahan penulisan, kesalahan penerjemahan dll mohon memberikan komentarnya, atau ingin memberikan contoh-contoh kalimat yang lain. Komentar kamu sangat berguna bagi kemajuan blog ini. Terima kasih sudah membaca.

Daftar Pustaka

Kawashima, Sue A. 1999. A Dictionary of Japanese Particles. Tokyo: Kodansha.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here