Pengrajin Jepang Ini Ubah Buku Tua Yang Sudah Rusak Menjadi Terlihat Seperti Baru

0
777
Kamus yang sudah rusak (kiri), kamus yang telah diperbaiki (kanan). en.rocketnews24.com

Ada sesuatu yang spesial tentang bau dari buku tua, dan semakin tua umurnya maka semakin bagus. Buku terbuat dari kertas, jadi ketika selalu digunakan selama bertahun-tahun, mereka akan mejadi usang. Tidak kah bagus apabila kamu memperbaiki bukunya sehingga terlihat seperti baru lagi?

Ya, kamu bisa! Cukup bawa buku yang akan kamu perbaiki ke orang yang dapat mereparasinya, di Tokyo, yang dapat mengubah buku tua yang sudah rusak menjadi baru seperti baru dibeli dari toko buku.

screen-shot-2015-04-13-at-11-24-51 Pengrajin Jepang Ini Ubah Buku Tua Yang Sudah Rusak Menjadi Terlihat Seperti Baru

Kadang-kadang, buku-buku terlihat seperti kumpulan beberapa kertas yang direkatkan menjadi satu, namun sebuah buku dapat menjadi sangat berharga atau mempunyai beberapa kenangan di dalamnya. Buku-buku itu akan selalu dijaga dan selalu dirawat.

Dalam sebuah episode video yang berjudul, Shuri, Bakaseru (Petugas Reparasi Yang Menarik), yang berfokus pada kegiatan memperbaiki aset-aset tua, kita diperkenalkan kepada seseorang yang telah memperbaiki berbagai buku tua selama 30 tahun.

screen-shot-2015-04-13-at-11-24-36 Pengrajin Jepang Ini Ubah Buku Tua Yang Sudah Rusak Menjadi Terlihat Seperti Baru
Nobuo Okano

Episode kali ini tentang kamus Inggris-Jepang yang didapat oleh salah satu pelanggan ketika masih sekolah SD dan digunakan sebagai sisa pendidikannya dan kehidupan dewasanya. Sekarang anak perempuannya memasuki universitas, dia sangat ingin memberikan kamus tersebut. Dia sangat berharap buku tersebut punya kehidupan kedua, dia lalu membawanya ke Toko Okano di Suidobashi daerah Tokyo.

screen-shot-2015-04-13-at-11-26-43 Pengrajin Jepang Ini Ubah Buku Tua Yang Sudah Rusak Menjadi Terlihat Seperti Baru
Kamus Inggris-Jepang yang sudah rusak

Jadi, bagaimana Okano mengubah kamus yang sudah rusak menjadi seperti ini?

screen-shot-2015-04-13-at-11 Pengrajin Jepang Ini Ubah Buku Tua Yang Sudah Rusak Menjadi Terlihat Seperti Baru
Kamus yang telah diperbaiki oleh Okano.

Untuk memulainya, Okano-san mulai membersihkan punggung buku dari lem yang tersisa.

screen-shot-2015-04-13-at-11-29-00 Pengrajin Jepang Ini Ubah Buku Tua Yang Sudah Rusak Menjadi Terlihat Seperti Baru
Pembersihan sisa lem yang dilakukan oleh Okano.

Kemudian, secara berhati-hati ia mulai memperbaiki lembaran kertas peta yang sudah sebagian sobek dengan menempelkannya pada kertas yang baru menggunakan lem dan memotongnya agar sesuai dengan ukuran kamus.

screen-shot-2015-04-13-at-11-30-32 Pengrajin Jepang Ini Ubah Buku Tua Yang Sudah Rusak Menjadi Terlihat Seperti Baru

Dia tidak dapat memperbaiki bagian kertas yang hilang pada bagian lembaran, tapi ini kompromi yang baik.

screen-shot-2015-04-13-at-11-30-51 Pengrajin Jepang Ini Ubah Buku Tua Yang Sudah Rusak Menjadi Terlihat Seperti Baru

Salah satu proses yang sangat membutuhkan kesabaran tinggi adalah meluruskan bagian tepi halaman yang terlipat satu per satu, halaman yang terlipat itu harus diluruskan menggunakan setrika.

screen-shot-2015-04-13-at-11-31-21 Pengrajin Jepang Ini Ubah Buku Tua Yang Sudah Rusak Menjadi Terlihat Seperti Baru  Dia menggunakan penjepit sebagai alat bantunya. Butuh waktu 4 jam untuk meluruskan semuanya. Jumlah lembaran yang diluruskannya sebanyak 1000 halaman.

screen-shot-2015-04-13-at-11-32-31 Pengrajin Jepang Ini Ubah Buku Tua Yang Sudah Rusak Menjadi Terlihat Seperti Baru

Setrika kecil yang lucu

screen-shot-2015-04-13-at-11-33-10 Pengrajin Jepang Ini Ubah Buku Tua Yang Sudah Rusak Menjadi Terlihat Seperti Baru  ▼ Tepi yang sempurna

screen-shot-2015-04-13-at-11-37-22 Pengrajin Jepang Ini Ubah Buku Tua Yang Sudah Rusak Menjadi Terlihat Seperti Baru  Bagian yang paling ajaib dari seluruh proses, bagaimana Okano menghilangkan warna ungu nya pada tepi buku?

screen-shot-2015-04-13-at-11-26-54 Pengrajin Jepang Ini Ubah Buku Tua Yang Sudah Rusak Menjadi Terlihat Seperti Baru  Dia hanya memotong bagian tepi tanpa memotong kata apapun. Selamat tinggal tinta ungu, dan kenangan pacar sang pemilik buku sewaktu SMA, berinisial YN.

screen-shot-2015-04-13-at-11-35-10 Pengrajin Jepang Ini Ubah Buku Tua Yang Sudah Rusak Menjadi Terlihat Seperti Baru  Langkah terakhir adalah mengganti sampul buku. Seluruh sampul asli tidak bisa diselamatkan, jadi Okano membuat sampul baru dengan warna yang sama dan menempel bagian judul aslinya. Nama kamus ini adalah “Sanseido’s Daily Course English Dictionary”.

Sejak kita tidak punya mesin waktu untuk kembali ke masa lalu dan mengingatkan diri kita untuk merawat buku, atau untuk tidak menuliskan nama kekasih menggunakan tinta, baik untuk kita ketahui bahwa di dunia ini ada seseorang seperti Okano, orang-orang dapat menggunakan jasanya dengan skill yang dimilikinya untuk menghidupkan kembali buku-buku dari menjelang kematian mereka. Okano tidak hanya menyelamatkan buku-buku dan memberikannya kesempatan kedua, ia juga membolehkan pelanggannya untuk menyelamatkan kenangannya dan meneruskannya kepada putrinya. Ini sangat menyentuh, seperti sebuah akhir dari buku cerita.

Walaupun video ini berbahasa Jepang, anda dapat melihat proses perbaikan buku dari awal hingga akhir.