Tato Jepang Tradisional dan Artinya

0
1467
tato jepang

Tato adalah kegiatan merajah tubuh, sudah ada sejak kehidupan masyarakat zaman dahulu hingga sekarang. Banyak orang yang mengidentikan tato sebagai seni dan cara untuk mengekspresikan diri. Namun, tidak sedikit orang juga yang berpandangan negatif terhadap tato, karena sebagian agama melarang untuk merajah atau mentato tubuh, dalam agama Kristen dan Islam diharamkan untuk merajah tubuh. Orang yang bertato umumnya harus memiliki mental yang kuat ketika menghadapi pandangan masyarakat tentang dirinya yang bertato, ada masyarakat yang berpikiran positif terhadap tato yang dimiliki orang tersebut, dan ada juga yang berpikiran negatif, tergantung dengan banyak nya tato yang dirajah ke tubuh dan bentuk-bentuk dari tato tersebut.

Berbicara mengenai tato, di Jepang juga ada seni merajah tubuh yang disebut dengan 刺青 irezumi/shisei, yang artinya “tato Jepang”. Tato Jepang umumnya tebal, dan berwarna. Sama pula seperti di negara kita, banyak kesalahpahaman terhadap tato di Jepang, misalnya irezumi / tato hanya boleh bagi Yakuza saja, atau orang-orang ber-tato tidak boleh mengunjungi Onsen (pemandian air panas).

Tapi kesalahpahaman terhadap tato bukan menjadi masalah utama di Jepang, pada zaman dewasa ini seni tato irezumi sedang dalam keadaan bahaya pihak yang berwajib mulai melirik pengguna tato. Jika kita tidak memahami pentingnya sebuah tato, maka praktik pemakaian irezumi / merajah tubuh di Jepang akan semakin berkurang.

Sebelum kita melihat puluhan desain tato Jepang, ada baiknya kita memahami sedikit etimologi dan filosopi tato di Jepang.

Arti dari Tato Jepang

Tato Jepang atau irezumi merupakan hal unik dalam setiap konteks dan dalam budaya ini memiliki arti penggambaran yang menjadikan tato atau irezumi populer di negara tersebut. Gambar dan simbol memiliki arti khusus dari seni tato ini. Hal yang terpenting bagi pemakai tato adalah ia harus melakukan studi yang sangat mendalam terhadap desain tato dan makna dari tato tersebut sebelum ia mengucurkan banyak uang untuk mengukir tato tersebut di badan nya. Desain elemen yang ada di tato Jepang diistilahkan dengan motif, memiliki arti tersendiri dan biasa artinya dihubungkan dengan si pemakai tato itu sendiri.

Sejarah Tato Jepang

Sejarah tato di Jepang dimulai sejak 10.000 tahun yang lalu sebelum Masehi. Menurut legenda, tato di Jepang pertama kali digunakan oleh orang-orang suku Ainu, para perempuan di suku Ainu merajah di bagian atas bibir mereka. Motif dibalik ini agar mereka menyerupai dewi dan terhindar dari demon / iblis dan penyakit. Tato yang kecil dirajah pada usia yang masih dini dan akan membesar seiring pertumbuhan badan pemilik tato tersebut. Kemudian setelahnya, tato irezumi memainkan peran penting dalam upacara keagamaan dan sosial masyarakat dan juga menunjukkan status sosial si pemakai tato. Kemudian setelah tahun 300 masehi sebuah praktik yang disebut bokkei dimulai di Jepang, yaitu para kriminal ditandai dengan tato dan praktik ini terus berlanjut sampai tahun 1870. Para kriminal yang mempunyai tato tersebut menganggap tato sebagai simbol kemaluan mereka, dan menggunakan tato dekoratif untuk menutupinya. Ini periodenya, setalah Perang Dunia II, ketika seni tato dilarang oleh pemerintah Jepang, tato dihubungkan dengan mafia kota yang dikenal dengan Yakuza. Seni tato muncul kembali pada tahun 1945, tapi masih sering dianggap berhubungan dengan kriminal dan kejahatan. Meskipun desain tato Jepang cukup populer di kalangan pecinta tato orang Barat, ada beberapa tempat yang tidak baik dikunjungi oleh orang bertato seperti pusat olahraga, agar untuk memastikan Yakuza tidak memasuki tempat tersebut. Ada sejumlah kode budaya di negara ini, dimana tato tidak boleh digunakan oleh orang umum yang tidak melakukan kejahatan, namu sekarang tato tiba-tiba menjadi populer di kalangan remaja, meskipun lebih banyak dengan desain kebarat-baratan dibandingkan desain gaya Jepang.

Simbol Yang Digunakan Dalam Tato Jepang

Simbol Naga dalam Tato Jepang

Dalam budaya Jepang, naga dianggap sebagai simbol kebijaksanaan, kekuatan, terlihat dalam konteks yang positif berlawanan dengan dunia barat. Naga dianggap makhluk yang penuh kebajikan untuk kebaikan umat manusia.

Simbol Ikan Koi dalam Tato Jepang

Ikan koi merupakan simbol yang penting dari seni tato Jepang. Ikan koi menunjukkan penentuan, keberanian dan keinginan untuk sukses. Ikan yang berjenis cyprinus carpio ini memiliki atribut maskulinitas karena ikan koi berenang melawan arus yang menyimbolkan kekuatan.

Simbol Harimau dalam Tato Jepang

Harimau dianggap sebagai hewan suci dalam budaya Jepang, karena memiliki sifat keberanian, kekuatan, dan keberuntungan yang baik. Tato harimau menduduki tempat yang penting dalam seni tato Jepang.

Simbol Singa dalam Tato Jepang

Singa merupakan hewan yang kuat dan pemberani. Bagi pemakai tato melambangkan keberanian dan sifat heroik.

Simbol Tengkorak dalam Tato Jepang

Tengkorak merupakan desain tato yang cukup populer di dunia barat dan Jepang, menggambarkan kematian seperti alur kehidupan dan kematian dalam cahaya yang positif.

Simbol Yakuza dalam Tato Jepang

Yakuza merupakan mafia atau geng Jepang, anggota geng Yakuza umumnya bertato yang melambangkan maskulinitas dan kesetiaannya pada geng tersebut.

Kanji Tato Jepang

Kanji merupakan bagian dari bahasa Jepang dan digunakan sebagai tato. Pemakai tato memilih huruf kanji yang memiliki makna khusus sesuai dengan sifat yang ada pada dirinya atau hal yang lainnya. Untuk menambah nilai estetika, tato kanji Jepang digabungkan dengan elemen bunga seperti kelopak bunga.

Simbol Ombak dalam Tato Jepang

Di Jepang, gelombang laut atau gelombang pasang disebut tsunami dan dapat menjadi bencana bagi negara tersebut, namun Jepang dapat bangkit kembali setelah bencana tsunami. Simbol tsunami dalam tato menyimbolkan keberanian, kekuatan dan pertahanan dalam keadaan yang merugikan.

Berikut ini adalah desain tato Jepang yang cukup populer yang bisa menjadi inspirasi bagi kamu yang hendak mentato diri kamu.

Facebook Comments

Keywords

tato jepang dan artinya, tato jepang, gambar tato, tato, abjad jepang buat tato, arti tato jepang, tatto jepang, nama-nama studio tattoo jepang keren dan artinya, tato bahasa j, tato harimau, Tato huruf keren jepang dan artinya, naga jepang, kontes tato dunia, Huruf kanji koi, gambar tato tulisan jpan, gambar tato jepang keren logo, gambar tato huruf jepang, gambar tato dan artinya, desain tato pdf, tulisan jepang untuk tato

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.