Unik, Origami Burung ini bisa menari dengan sendirinya sesuai irama musik

0
900
Origami, seni melipat kertas dari Jepang
Origami, seni melipat kertas dari Jepang

Origami adalah seni karya kerajinan tangan melipat kertas dari jepang, origami digemari dari berbagai kalangan mulai dari anak-anak hingga orang tua.

Origami biasanya dipelajari oleh anak-anak Indonesia ketika masa TK (taman kanak-kanak) denga lipatan yang sederhana, seperti membuat pesawat, kapal, dan burung.

Namun, di Jepang, ada berbagai orang kreatif yang mengubah seni origami ini menjadi sesuatu yang menakjubkan. Origami ini dipadukan dengan teknologi elektromagnetik. Origami burung ini memiliki sepasang magnet listrik yang diletakkan dibagian bawah, pada kaki dari burung tersebut. Ketika dialiri istrik, maka sepasang elektromagnet akan memiliki kutub yang berlawanan sehingga terjadi gerakan tolakan maupun tarikan, membuat seolah-olah origami burung akan bergerak. Penasaran?? Berikut videonya:

Adalah kawanan fisikawan muda dari jepang yang hobi membuat inovasi unik yang semua karyanya dipublikasikan pada website ugoita.com. Bukan hanya origami yang mampu menari namun juga karya unik lainnya.
Bahkan Origami saat ini sudah banyak dijadikan objek penelitian para fisikawan di Amerika. American Physical Society menampilkan kurang lebih 12 makalah tentang “Extreme Mechanic” dari origami. Sebuah eksplorasi matematis yang rumit dan bentuk eksponensial yang diperoleh dari melipat origami untuk melihat bagaimana origami dapat digunakan dalam kehidupan nyata.
Seperti Origami bentuk bulan bunga berikut yang dapat melipat sendiri saat ditekan oleh sebuah mesin.

Facebook Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.