Wisuda Mahasiswa di Jepang, Unik dan Heboh

0
777
Wisuda biasanya identik dengan mengenakan pakaian formal dan toga.
Wisuda biasanya identik dengan mengenakan pakaian formal dan toga.

Proses pelantikan kelulusan mahasiswa yang telah menempuh masa belajar pada suatu Universitas atau wisuda biasanya identik dengan mengenakan pakaian formal dan toga. Namun, hal tersebut tidak dilakukan para mahasiswa di sebuah Universitas di Jepang.

Memang tidak ada yang berbeda pada proses berlangsungnya wisuda. Tapi, uniknya salah satu Universitas di Kyoto, Jepang, membebaskan para wisudawan dan wisudawati untuk berkreasi dalam memakai kostum tokoh fantasi atau kostum cosplay saat digelarnya perhelatan kelulusan, dilansir stomp.com.sg pada Senin (30/3/2015).

Nah, acara wisuda yang terkesan kaku dan membosankan kini berubah menjadi lebih seru dan asik, bahkan beberapa orang mengira bahwa acara yang berlangsung di Kyoto City University ini adalah pesta cosplay yang biasa digelar masyarakat di Jepang.

Terlihat pula para mahasiswa dan mahasiswi menantikan acara tersebut karena mereka bisa menunjukkan beragam kostum cosplay terbaik yang mereka kenakan. Mereka pun tak segan berpose se-unik dan se-nyentrik mungkin agar menarik perhatian wisudawan dan wisudawati serta para dosen juga tamu.

Walaupun mereka tak terlihat formal dalam melangsungkan acara kelulusannya, tapi jangan salah, proses wisuda tetap berlangsung dengan resmi dan khimad seperti acara wisuda lainnya. Para wisudawan dan wisudawati juga tetap melakukan tahapan demi tahapan dalam mendapat gelarnya.

Nampaknya, wisuda dengan menggunakan kostum cosplay ini seakan sudah menjadi tradisi di Kyoto City University, unik bukan, bagaimana menurut Anda?

(ul)